resep kue janda bolong

Resep Kue Janda Bolong: Manisnya Tradisi Indonesia

Indonesia, dengan kekayaan budayanya, juga memiliki berbagai jenis makanan dan kue tradisional yang lezat. Salah satunya adalah kue janda bolong. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, membuatnya menjadi favorit banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep kue janda bolong dan bagaimana cara membuatnya.

resep kue janda bolong
Note: Gambar Hanya Ilustrasi Saja, Bukan Hasil yang Sebenarnya

Apa Itu Kue Janda Bolong?

Kue janda bolong adalah kue tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut, dan memiliki lubang di tengahnya, sehingga dinamakan “janda bolong”.

Resep Kue Janda Bolong

Berikut adalah resep untuk membuat kue janda bolong:

  • 250 gram tepung ketan
  • 200 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 200 gram kelapa parut kasar

Cara Membuat Kue Janda Bolong

Setelah menyiapkan semua bahan, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue janda bolong:

  1. Campurkan tepung ketan dengan air, aduk hingga rata.
  2. Rebus gula merah dengan air dan garam hingga larut, kemudian saring.
  3. Campurkan larutan gula merah ke dalam adonan tepung ketan, aduk hingga rata.
  4. Cetak adonan menggunakan cetakan kue, lalu kukus selama 15 menit.
  5. Taburkan kelapa parut kasar di atas kue, lalu kukus kembali selama 5 menit.
  6. Kue janda bolong siap untuk disajikan.

Keunikan Kue Janda Bolong

Kue janda bolong memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari kue tradisional lainnya. Lubang di tengah kue ini tidak hanya membuat penampilannya unik, tetapi juga memberikan tekstur yang berbeda saat dimakan. Selain itu, kombinasi rasa manis dari gula merah dan gurih dari kelapa parut membuat kue ini memiliki rasa yang khas dan lezat.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan: Resep Kue Janda Bolong – Manisnya Tradisi Indonesia

1. Apa itu Kue Janda Bolong?
Kue Janda Bolong adalah sajian tradisional Indonesia yang populer, khususnya di daerah Jawa. Nama unik ini diambil dari bentuk kue yang memiliki lubang di tengah, mirip seperti janda yang telah ditinggal pasangannya.

2. Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Kue Janda Bolong?
Untuk membuat Kue Janda Bolong, Anda akan membutuhkan tepung ketan, kelapa parut, dan gula merah. Beberapa resep juga menambahkan sedikit garam dan daun pandan untuk menambah aroma.

3. Bagaimana cara membuat Kue Janda Bolong?
Pertama, campurkan tepung ketan dengan air sampai membentuk adonan. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan buatlah lubang di tengah. Setelah itu, rebus adonan dalam air mendidih hingga mengapung. Sementara itu, buatlah saus gula merah dengan mencampur gula merah, air, dan daun pandan dan didihkan. Setelah adonan kue sudah matang, tiriskan dan campurkan dengan saus gula merah.

4. Apa makna di balik Kue Janda Bolong?
Kue Janda Bolong memiliki makna filosofis di balik bentuknya. Lubang di tengah kue melambangkan rasa kesepian atau kekosongan yang dirasakan oleh seorang janda. Namun, meski memiliki makna yang sedikit melankolis, kue ini sangat digemari karena rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal.

5. Di mana saya bisa menemukan Kue Janda Bolong?
Kue Janda Bolong biasanya bisa ditemukan di pasar tradisional atau toko-toko kue tradisional. Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang telah disebutkan.

6. Apakah Kue Janda Bolong memiliki variasi lain?
Ya, beberapa variasi Kue Janda Bolong bisa ditambahkan dengan isian seperti pisang atau kacang hijau. Ada juga yang memberikan topping kelapa parut atau bahkan sirup santan.

7. Berapa lama waktu pembuatan Kue Janda Bolong?
Waktu pembuatan Kue Janda Bolong bisa bervariasi tergantung pada jumlah yang dibuat, tetapi umumnya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

8. Apakah Kue Janda Bolong bisa disimpan?
Ya, Kue Janda Bolong bisa disimpan dalam suhu ruangan selama 1-2 hari. Jika ingin disimpan lebih lama, simpan di dalam kulkas dan panaskan sebentar sebelum disajikan.

Kesimpulan

Kue janda bolong adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Resep dan cara membuat kue ini cukup sederhana, sehingga bisa dicoba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda bisa menikmati kelezatan kue janda bolong kapan saja. Selain itu, kue ini juga bisa menjadi pilihan untuk disajikan saat acara-acara khusus atau sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke daerah Jawa Barat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *